Wednesday, November 18, 2015

Xampp Error, Apache dan MySQL Tidak Bisa Running, Njuk Kudu Kepiye?

Tentu saja, teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan mahluk yang namanya "XAMPP" ini. Ya, si Xampp ini sangat-sangat terkenal di kalangan SLiMSholic yang tentu saja karena si Xampp ini berperan sangat vital untuk menjalankan program SLiMS (Senayan Library Management System). Dalam sistem SLiMS, si Xampp ini bisa diibaratkan sebagai.. emmm... apa ya?? -__- ah, entahlah... pokoke Xampp ini penting sekali, ibarate sepeda motor, Xampp ini sebagai bahan bakar untuk menjalankan Sistem SLiMS. Tanpa si Xampp ini, SLiMS tidak bisa berfungsi. Gitu kurang lebihnya. :)

Naaaaah sudah tahu kan pentingnya si Xampp ini untuk menjalankan software SLiMS? Maka, tentu akan sangat menyusahkan binti merepotkan ketika si Xampp ini ngambeg alias error. Yang paling sering terjadi adalah... Apache dan MySQL tidak mau running..

Naaaahh nyok kita gali bareng-bareng apa penyebab dan bagaimana mengatasi ketika Apache dan MySQL pada Xampp ini tidak mau running..

A. Apache XAMPP Error

Penyebab Apache pada Xampp Tidak Bisa Running.

Secara default Apache akan aktif menggunakan port 80, sedangkan tool Mysql menggunakan port 3306 , Untuk beberapa kasus, ada kalanya ketika tool-tool tersebut mencoba untuk diaktifkan, program tidak bisa running, bahkan muncul pesan informasi ERROR dengan tulisan berwarna merah di bawah ini:

Error: Apache shutdown unexpectedly
This my be due to a blocked port, missing dependencies,
improver privileges, a crash, or a shutdown by another method.
Press the log button to view error logs anda check
the window event Viewer for more clues
If you need more help, copy and post this
entire log window on the forums.


kurang lebih akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


jika terjadi seperti di atas, kemungkinan besar disebabkan oleh faktor berikut:

1. Adanya aplikasi yang lebih dulu berjalan menggunakan port 80 dan juga port 3306, sehingga port bentrok atau crash.

Ini bisa terjadi ketika anda menggunakan window 8.x atau ketika menggunakan window 10, atau jika di dalam komputer anda terinstal VM ware, atau aplikasi Skype sedang berjalan, Apache tidak bisa dijalankan karena adanya aplikasi lain yang lebih dulu berjalan menggunakan port yang sama yang digunakan oleh Apache dan juga mysql.

Cara Mengatasi Apache pada Xampp Error Tidak Bisa Running

Jika anda mengalami hal serupa, apache pada xampp anda error tidak bisa running atau berjalan di port 80, cara mengatasinya anda bisa mencoba mengganti default port untuk Apache dan juga mysql dengan port sesuai keinginan yang kemungkinan belum digunakan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan xampp control panel yang sudah anda instal.

2. Klik button Config untuk Apache, kemudian pilih menu Apache (httpd.conf), seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



3. Pada dokument text yang terbuka, silahkan cari angka 80, kemudian ganti menjadi 8080, untuk text berikut:

Listen 80 menjadi Listen 8080
ServerName localhost:80 menjadi ServerName localhost:8080

4. Simpan perubahan, dan silahkan anda coba restart kembali apache xampp anda.

Jika masih tidak bisa berjalan, exit xampp control-panel, kemudian aktifkan kembali dengan klik kanan pilih "open as administrator" bisa jadi di block oleh firewall.

Jika masih tidak bisa berjalan silahkan uninstall xampp di komputer anda, kemudian download xampp versi terbaru, dan install ulang xampp pada komputer anda.


Cara Menjalankan Localhost Setelah Ganti Port


Karena port default dari apache sudah diganti dari sebelumnya 80 menjadi port 8080, ini berpengaruh juga ketika kita memanggil localhost, ketika port xampp masih menggunakan port bawaan (port 80), untuk memanggil halaman localhost cukup dengan membuka browser kemudian pada address bar tinggal di masukan localhost maka halaman localhost akan terbuka dan bisa diakses, namun ketika port sudah diganti menjadi 8080, maka ketika anda ingin mengakses halaman localhost perintahnya sedikit berbeda, caranya:

a. Buka browser
b. Panggil di addressbar dengan perintah localhost:8080

Dengan perintah di atas maka localhost akan kembali diakses, jika anda ingin menjalankan aplikasi web yang sudah anda buat sebelumnya, maka untuk memanggil halaman utama aplikasi web tersebut (misalkan saja aplikasi web yang anda buat anda disimpan di folder example di htaccess) gunakan perintah localhost:8080/example atau mudahnya untuk memanggil SLiMS bukan localhost/SLiMS tetapi dirubah menjadi localhost:8080/SLiMS


B. MySQL XAMPP Error


Banyak sekali kemungkinan error yang terjadi ketika anda start Mysql pada xampp control panel, sehingga Mysql sulit untuk di start dan tidak bisa running, salah satu error yang banyak sekali terjadi adalah seperti error di bawah ini:


12:19:12 PM [mysql] Attempting to start MySQL app...
12:19:12 PM [mysql] Status change detected: running
12:19:13 PM [mysql] Status change detected: stopped
12:19:13 PM [mysql] Error: MySQL shutdown unexpectedly.
12:19:13 PM [mysql] This may be due to a blocked port, missing dependencies,
12:19:13 PM [mysql] improper privileges, a crash, or a shutdown by another method
12:19:13 PM [mysql] Press the Logs button to view error logs and check
12:19:13 PM [mysql] the Windows Event Viewer for more clues
12:19:13 PM [mysql] If you need more help, copy and post this
12:19:13 PM [mysql] entire log window on the forums

Cara Mengatasi MySQL Error pada Xampp


Cara mengatasi error di atas anda bisa coba cara-cara berikut:

1. Stop Semua server yang berjalan xampp, dll, kemudian exit

2. Masuk ke folder instalasi xampp, kemudian masuk ke folder data, misal

C:\xampp\mysql\data



3. Cari file ibdata1, silahkan ganti misal menjadi ibdata1.bak, atau hapus.

4. Restat kembali xampp control-panel anda, kemudian coba kembali untuk start Mysql.


Jika masih tidak bisa berjalan, exit xampp control-panel, kemudian aktifkan kembali dengan klik kanan pilih "open as administrator" bisa jadi di block oleh firewall.


Jika masih tidak bisa berjalan silahkan uninstall xampp di komputer anda, kemudian download xampp versi terbaru, dan install ulang xampp pada komputer anda.

Naaaah.. Bagaimana? Sudah jelas belum?? Hehehee.. Semoga membantu ^_^
Share:

Post Comment

26 comments:

  1. mas, masih belum bisa. tidak ada error tapi tetap tidak bisa di run. pas di klik start apache hanya tampil pesan “Starting apache service…”. tapi tidak ada status changed: running. dan kalo buka localhost pun masih tidak bisa.
    mohon segera diberikan solusinya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru bales mbakk. baru buka kolom komentar blog ini. :-) Sudah bisa belum mbak? harusnya jika langkah2 dilakukan dg tepat, bisa mbak. kalau masih belum bisa, kemungkinan besar xampp digunakan tidak sesuai dg versi OS komputer. coba download dg Xampp versi yang lain mbak. Sekali lagi mohon maaf baru balas karena baru ngecek kolom komentar hari ini. ^_^

      Delete
    2. Ini langkah yang lebih sistematisnya mbak ... sumonggo dicoba lagi..
      Berikut ini langkah-langkahnya:

      1. Lakukan perubahan pada file httpd.conf
      2. Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad.
      3. Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080“.
      4. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“.
      5. Lalu Simpan.
      6. Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
      7. Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499“.
      8. Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499“
      9. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499“
      10. Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotak detail bagian bawah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.

      Semoga berhasil

      Delete
    3. wah terima kasih banyak atas artikelnya, kebetulan saya baru menggunakan vps, masih banyak kendala

      Delete
    4. muncul pesan error missing dll saat saya klik start pada apache itu gimana cara ngatasi nya gan

      Delete
    5. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->KLIK DISINI 4d 5d 6d

      Delete
  2. mas, masih belum bisa. tidak ada error tapi tetap tidak bisa di run. pas di klik start apache hanya tampil pesan “Starting apache service…”. tapi tidak ada status changed: running. dan kalo buka localhost pun masih tidak bisa.
    mohon segera diberikan solusinya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru bales mbakk. baru buka kolom komentar blog ini. :-) Sudah bisa belum mbak? harusnya jika langkah2 dilakukan dg tepat, bisa mbak. kalau masih belum bisa, kemungkinan besar xampp digunakan tidak sesuai dg versi OS komputer. coba download dg Xampp versi yang lain mbak. Sekali lagi mohon maaf baru balas karena baru ngecek kolom komentar hari ini. ^_^

      Delete
    2. kok belum bs juga ya mas aplikasinya xammpnya masih error Apache/2.2.14 (Win32) DAV/2 mod_ssl/2.2.14 OpenSSL/0.9.8l mod_autoindex_color PHP/5.3.1 mod_apreq2-20090110/2.7.1 mod_perl/2.0.4 Perl/v5.10.1 Server at localhost Port 80 tuh gimana caranya gak bs masuk ke databasenya.

      Delete
    3. Bisa jadi memang Xampp nya yang gak support dengan OS komputernya mas... coba install Xampp versi yang lain... ^_^

      Delete
  3. gan...
    mau tanya ne...
    low ane MySQL nya yg kagak mau runnung,
    comentnya "[mysql] Error: MySQL shutdown unexpectedly."
    udah gua oprek seperti langkah2 yg ada cg kagak mau gan...
    mohon pencerahan gan.. Masih New Be Nich...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi memang Xampp nya yang gak support dengan OS komputernya mas... coba install Xampp versi yang lain... ^_^

      Delete
    2. ada rekomendasi versi Xampp nya yg versi brapa untuk Windows 8.1?

      Delete
    3. Silahkan download xampp terbaru di sini mas... https://www.apachefriends.org/download.html

      Delete
    4. itu windowsnya bro yg masalah, kalau mau 100%work bisa install ulang windowsnya atau upgrade dan kalau bisa downgrade. aku juga pernah ngalami. kalau nggak coba install visual C++ tahun 2011++.

      Delete
  4. assalamualaikum mas saya tanya
    xampp error di mysql yang tidak bisa di start, minta bantuannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini langkah yang lebih sistematisnya mbak ... sumonggo dicoba lagi..
      Berikut ini langkah-langkahnya:

      1. Lakukan perubahan pada file httpd.conf
      2. Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad.
      3. Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080“.
      4. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“.
      5. Lalu Simpan.
      6. Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
      7. Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499“.
      8. Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499“
      9. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499“
      10. Sekarang jalankan XAMPP Contol Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotak detail bagian bawah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xampp. Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.

      Semoga berhasil

      Delete
    2. Atau juga kasus ibu ini bisa disebabkan karena terinstallnya double database program di dalam satu komputer/leptop. Kasus yang sering terjadi adalah, terintallnya program dapodik dengan software xampp untuk slims ini. Sehingga salah satunya akan kalah. tidak bisa aktif bersamaan. Solusinya, salah satunya harus dioffkan dulu.

      Delete
  5. Kok saat sudah hapus file ibdata1 tiba tiba muncul lg..? Gimana solusinya ....please di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek cara hapusnya mas (atau mbak) gamerz... Bukan asal dihapus folder xampp nya lho... tapi dengan masuk ke folder xampp. cari file Uninstall.exe, silahkan klik 2x file tersebut untuk uninstall. tunggu prosesnya sampai selesai. Jika sudah selesai, tp kok masih ada foldernya, silahkan dihapus folder tsb. Jika tidak bisa dihapus, bisa direstart dulu komputernya, kemudian dihapus. dengan begitu xampp akan terhapus secara total.

      Delete
  6. Kok saat sudah hapus file ibdata1 tiba tiba muncul lg..? Gimana solusinya ....please di jawab

    ReplyDelete
  7. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
  8. Aku juga mengalami error, sudah aku ikuti langkah diatas tidak bisa. Sekarang sudah bisa dengan men-disable anti virus (aku pakai avira dan smadav) kemudian ketik start --> search --> ketik uac tekan enter --> turunkan uac sampai kebawah (aku dapat link uac dari http://inspirationsawung.blogspot.co.id/2012/10/cara-install-xampp-pada-windows-7.html#axzz4R0OVBOt6 ) setelah itu lancar instal xampp.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih mas, tutor nya membantu Skali :)

    ReplyDelete