Cara Backup File SLiMS 8 Dengan Mudah

SLiMS 8 terbaru memiliki fasilitas backup data yang sangat mudah dibanding dengan versi-versi SLiMS sebelumnya. Jika pada versi sebelumnya, untuk backup (membuat cadangan) data dalam bentuk file *.sql , terlebih dahulu harus masuk ke localhost/phpmyadmin kemudian dilanjutkan dengan beberapa tahap langkah yang cukup rumit. Tapi pada SLiMS terbaru ini, backup data hanya butuh meng-klik satu tombol saja.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Aktifkan SLiMS 8, kemudian Login (masuk) Pustakawan. Setelah masuk ke menu admin, klik tombol menu SYSTEM (lihat gambar di bawah ini), kemudian klik DATABASE BACKUP.


2. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol menu START NEW BACKUP (lihat gambar di bawah ini).


3. Tunggu sebentar, mucul kotak dialog seperti tertampil di bawah ini, klik OK.


4. Lihat pada bagian bertanda merah. Itu adalah penjelasan file-file hasil backup yang sudah kita lakukan. Jika baru sekali kita lakukan backup, maka hanya ada satu file. Di dalam gambar di bawah ini ada 2 file, yang artinya telah dilakukan backup sebanyak 2 kali. File hasil backup terahir adalah file yang berada di posisi paling atas. Lantas bagaimana cara kita melihat file hasil backup tadi?
Kuncinya : perhatikan pada BACKUP FILE LOCATION yang ada pada kolom penjelasan file (lihat gambar di bawah ini).


5. Pada kolom itu, ada penjelasan letak file BACKUP FILE LOCATION


Kemudian silahkan masuk ke File Eksplorer > Direktori E > Folder XAMPP > Folder htdocs > Folder lib > Folder files > Folder backup > File backup_20170809_061756.sql


Langkah selanjutnya, file backup_20170809_061756.sql silahkan dicopy ke flashdisk atau bisa juga ke tempat penyimpanan yang lain yang aman (semisal diunggah ke Google Drive).

Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada SLiMS kita (semoga saja tidak) sudah ada file cadangan yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan data-data perpustakaan kita. 

 Demikian, semoga bermanfaat.

O iya, untuk CARA BACKUP SLiMS Versi Sebelumnya (Versi 3, 5, dan 7) silahkan lihat di SINI (KLIK).

3 Comments

  1. assalamu'alaikum min. minta solusi dong buat permaslahan ku nih di slims 8. saat lagi menambahkan bibliografi kok gak mau nambah ya min. padahal databasenya sudah tak repair

    ReplyDelete
  2. tanya nih min...itu tadi kalo cara backup...nah kalo cara restore bagimana

    ReplyDelete
  3. Min, Sy udah coba langkah2 backup diatas tapi kok filenya 0 Kb ya?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post