7 Langkah Mudah Mengatasi Path Mysqldump Not Right (Tanda Merah Setelah Proses Installasi SLiMS Selesai)



Sebenarnya, penjelasan ini sudah saya tulis sebelumnya. Yaitu pada artikel Langkah Mudah Install SLiMS 7. Akan tetapi ternyata banyak di antara teman-teman yang bingung dan bertanya tentang permasalahan ini, yaitu adanya tanda merah pada tampilan Admin SLiMS setelah installasi selesai. Ini diakibatkan tidak tepatnya letak path atau jejakan dari mysqldump.exe pada SLiMS kita. Solusinya gimana? Ya harus kita betulkan dulu. Oke, langsung saja...

1. Buka Windows Eksplorer, masuk ke D:\xampp\htdocs\cendana kemudian cari file sysconfig.inc.php. Klik kanan file tersebut kemudian klik Edit with notepad ++ (Notepad ++ nya sudah diinstall kan? kalau belum diinstal dulu dong...)

  


2. Kemudian klik icon Find seperti pada gambar berikut ini (atau bisa dengan menekan keyboard CTRL dan F secara bersamaaan)


 3. Ketik MySQLdump pada kotak Find what

 


4. Ketemu pada baris 189, tulisan $sysconf['mysqldump'] = '/usr/bin/mysqldump'; harus Anda edit.

 

5. Edit menjadi $sysconf['mysqldump'] = 'D:/XAMPP/mysql/bin/mysqldump.exe';
 

6. Kemudian simpan (klik icon Save atau tekan CTRL dan S pada keyboard bersamaan)

  

7. Silakan kembali ke SLiMS Anda, muat ulang/reload dengan menekan F5. Maka akan tertampil seperti ini.... tanda merah sudah hilang, SLiMS siap digunakan. 



Demikian, semoga bermanfaat. ^_^

8 Comments

  1. Sudah dicoba, tetapi tetap tidak bisa.

    ReplyDelete
  2. Ada yang salah ketik kali ya...D:/XAMPP/mysql/bin/mysqldump.exe itu harusnya C:/XAMPP/mysql/bin/mysqldump.exe

    ReplyDelete
  3. saya malah ada installer folder is still exist inside your server. Please remove it or rename to another name for security reason.

    ReplyDelete
  4. Min, mohon bantuannya ya. Sudah dicoba cara di atas, folder D sudah diganti C menjadi: C:/XAMPP/mysql/bin/mysqldump.exe, Tapi masih belum bisa :" kira-kira kenapa ya? :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. C://xampp/mysql/bin/mysqldump.exe harus lengkap ada exenya. garing 2 kali. jangan lupa cek kelengkapan.

      Delete
  5. //sama aja kagak bisa

    ReplyDelete
  6. Pergi ke menu system->database backup->start new backup. Kmd muncul tabel n yg di kolom backup file location dicopy, trs buka sysconf.inc di htdocs->slims, trs cari kata mysqlsump trs paste n save. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  7. Pergi ke menu system->database backup->start new backup. Kmd muncul tabel n yg di kolom backup file location dicopy, trs buka sysconf.inc di htdocs->slims, trs cari kata mysqlsump trs paste n save. Semoga membantu.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post